Serba-serbi Kecamatan Bruno

infoku

kesenian kuda lumping di desa brondong Krajan kecamatan Bruno

kesenian kuda lumping di desa Kaliwungu Kecamatan Bruno

- kesenian emblek atau kuda lumping yang ada di kecamatan Bruno tidak hanya terdapat di desa brondong kerajaan atau desa Kaliwungu sebetulnya ada banyak kesenian kuda lumping yang ada di kecamatan bruno , seperti misalnya daerah atau desa Plaosan di sini juga ada kesenian kuda lumping , Walaupun memang seperti kita ketahui beberapa tahun ini sudah mulai berkurang digunakan atau ditanggap" bahasa Jawa" , , karena memang akhir-akhir ini yang lebih publik lebih ditonjolkan lebih dominan ke tempat-tempat wisata seperti misalnya Curug Gunung Putri atau curugmuncar sementara untuk kesenian-kesenian warisan leluhur sendiri mulai menghilang seiring bergantinya zaman .

- sementara seperti diketahui kesenian kuda lumping ini tidaklah sembarangan ,bahkan untuk menjadi grup kesenian kuda lumping tentu saja mempunyai ritual-ritual tersendiri , bahkan menurut kabar angin seperti di tempat mertua saya sendiri yaitu di Jatilawang untuk anggota kesenian kuda lumping ini pada bulan Suro anggota-anggotanya wajib mandi Tujuh Sumur dengan tujuan tertentu pastinya , " para anggota kuda lumping jam 12 malam pada mencari sumur baik itu sumur seseorang di daerah itu akan tetapi ketika mereka mandi tidak boleh diketahui oleh orang " , Tentu saja Ini sebuah ritual yang sangat sulit dilakukan sebetulnya .

- nah.." di mana pun itu yang namanya kuda lumping tidak hanya di desa brondong atau di tempat lainnya pun pasti mempunyai nilai ritual atau magis yang mungkin kita sendiri kalau kita bukanlah anggota Tentu saja tidak tahu , ritual apa saja yang harus dilakukan oleh para anggotanya .



Curug Gunung Putri Kecamatan Bruno

nah.. kita tinggalkan dulu terkait kesenian kuda lumping guys , seperti kita ketahui Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo ini juga memiliki wisata alam yang tak kalah tren dengan daerah-daerah lainnya seperti misalnya " Curug Gunung Putri " , Wisata alam tersembunyi ini terletak di Kecamatan Bruno, tepatnya di desa Cipedak. Dan jalan menuju ke Curug Gunung Putri juga termasuk susah tetapi saya akan mencoba menjelaskan untuk teman-teman yang bukan asli orang sini tentunya akan kesulitan untuk mengetahui lokasi #Curug Gunung Putri ini .

- nah.. , buat sahabat-sahabat yang mungkin berasal bukan dari daerah Kecamatan Bruno Saya ingin memberitahukan jalan menuju ke Curug Gunung Putri ini yang mungkin kalau teman-teman bukanlah berasal dari Kecamatan bruno tentu akan kesulitan menemukan lokasi curug Gunung Putri. Saya memberi patokan untuk jalan menuju ke Gunung Putri patokan pertama adalah Desa kalitapen karena nama desa ini juga cukup dikenal di daerah lain selain Kecamatan Bruno . Tepatnya di pertigaan kalitapen perempatan ini adalah perempatan jalan raya "Kutoarjo - Bruno" begitu teman-teman sampai di pertigaan kalitapen maka teman-teman akan menemukan jalan naik dari jalan ini teman-teman akan berjalan kurang lebih 5 kilo untuk sampai ke Curug Gunung Putri.


ongkos travel dari Jakarta ke Jogja

- kita tinggalkan terkait beberapa kekayaan kesenian ataupun wisata yang ada di kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo , selanjutnya buat teman-teman yang ingin mengetahui informasi mudik menggunakan Travel bersama teman-teman Purworejo yang berbasis di Pasar Cipulir saya banyak mengetahui informasinya jika teman-teman ingin menggunakan jasa mobil travel dari teman-teman Bruno ini ini saya contohkan teman-teman ingin mudik rombongan atau mungkin teman-teman ingin in ziarah kubur Wali Songo atau mungkin untuk acara-acara lainnya yang memerlukan travel dari konco-konco Bruno Purworejo ini saya bisa memberikan informasinya .

0856-1743-724

Komentar

Postingan populer dari blog ini

paralayang di bukit Watukumpul Banyumas

kentongan smp pancasila Jatilawang