Cerita mbah kyai brondong

cerita Mbah Kyai brondong
Muhammad Nasrul Asrofi

Halo guys Selamat malam Bagaimana kabarnya baik-baik saja kah?
Oh iya guys setelah beberapa hari yang lalu saya membuat artikel sekilas kisah mistis di desa brondong maka pada malam hari ini saya ingin membuat artikel sekilas kisah Mbah Kyai brondong .

Sebetulnya saya tidak bisa bercerita terlalu banyak karena memang sumber informasi saya sendiri belum memilikinya hingga saat ini belum ada yang mau berpartisipasi untuk melengkapi artikel-artikel saya.

Tetapi Biar bagaimanapun walaupun Hanya sepenggal kata karena memang saya juga orang asli Kecamatan Bruno bahkan Ibu saya juga dari Desa brondong Kecamatan Bruno tentu saja sedikit banyak saya mengetahui seluk-beluk dan  para pendahulu yang banyak berperan penting di daerah ini .

Kurang lebih umurku waktu itu sekitar 15 tahun dan kala itu itu tidak sengaja saya bertanya kepada ibu(mbok) kurang lebih seperti tanya jawab Kami antara saya dengan mbok(ibu)

* sebetulnya sejarahnya Mbah Kyai brondong Bagaimana sih mbok??"
kok bisa nama beliau itu dikenal dengan nama mbah Kyai brondong?" tanya saya pada embok(ibu)
 
Kemudian mbok saya mulai bercerita;

* dulu pada zaman peperangan Belanda Desa brondong ini termasuk salah satu desa untuk bersembunyi dari kejaran Para penjajah pada zaman peperangan Belanda."embok bercerita agak panjang

* ketika orang-orang pribumi yang dikejar-kejar pasukan Belanda sampai ke desa brondong ini ini orang Belanda seperti mendengarkan berondongan peluru yang menyebabkan pasukan Belanda mundur lagi.

Ohhh... 
Sambil mangguk-mangguk dan bingung lama-kelamaan saya mengerti juga ternyata memang betul-betul Kecamatan Bruno ini betul-betul banyak terlibat  secara fisik pada zaman penjajahan Belanda dahulu.

Bahkan nama asli Mbah Kyai brondong ini saya juga belum tahu sampai Umur saya 40 tahun saat ini, 
Dan siapa nama beliau aslinya mungkin juga bukan Mbah Kyai brondong karena nama brondong ini dihasilkan dari kata-kata berondongan peluru ini bahkan nama desanya pun desa brondong.

Ada banyak sekali para leluhur atau pendahulu di kecamatan Bruno ini yang mungkin belum semuanya terekspos ke media.

Barangkali ada yang lebih mengerti sejarah detailnya Mbah Kyai brondong atau para Kyai selain Mbah Kyai brondong karena memang banyak di kecamatan bruno ini salah satunya Mbah Kyai dan banyak lagi yang belum terekspos ke media Saya berharap konco-konco dari Kecamatan Bruno Sudi berpartisipasi melengkapi artikel ini biar lebih solid.

Salam hangat!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

paralayang di bukit Watukumpul Banyumas

kentongan smp pancasila Jatilawang