masyarakat adat Ki bonokeling

Laku Lampah masyarakat adat bonokeling 
Sebetulnya tidak banyak yang bisa saya utarakan mengenai Adat Istiadat Daerah Jatilawang ini karena memang Kebetulan saya juga bukan asli orang sini dan kebetulan istri saya orang sini .

Jadi jujur saya Menulis artikel ini saya belum mempunyai data terkait mitos apa saja yang ada di daerah Pekuncen dan sekitarnya. 
Sementara laku Lampah masyarakat adat bonokeling ini sudah sangat banyak sekali yang mengekspos jadi terkait laku Lampah masyarakat adat bonokeling teman-teman bisa membaca di situs-situs berita sudah sangat ramai dibicarakan.

Hanya sepenggal yang saya tahu dari kisah ki bonokeling ini bahwa beliau ini ternyata seorang Waliyulloh dan kebetulan mengajarkan agama islam di daerah Pekuncen ini atau lebih luasnya Jatilawang atau Banyumas dan sepenggal cerita yang saya dapat ini adalah beliau meninggal atau wafat sebelum ajaran-ajarannya diterima sepenuhnya oleh masyarakat sekitar sehingga terus terang saja memang daerah Pekuncen ini masyarakatnya sebagian masih menganut agama Jawa bahkan termasuk mertua saya sendiri pun masih menganut agama Jawa.

masyarakat adat  ki bonokeling
Lampu lava masyarakat adat Ki bonokeling

Jadi terus terang saja buat teman-teman Pekuncen yang mengetahui seluk beluk atau lebih tepatnya mitos apa saja yang ada di daerah ini saya berharap sekali untuk ikut berpartisipasi melengkapi artikel saya ini.

artikel ini erat kaitanya dwngan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

paralayang di bukit Watukumpul Banyumas

kentongan smp pancasila Jatilawang